Kamis, 01 Desember 2016

Masalah Install Win 7 Missing CD/DVD Driver

Awal Desember, aku di minta untuk install Win 7 baru di sebuah laptop milik perusahaan yang kerjanya ngurus helikopter. Okeylah gampang yah, cuma install OS doang. Dari tempat saya, saya bawa OS Win 7 64 Bit dan sebuah DVD External. Tapi ternyata setelah masuk setup malah muncul error seperti gini (A Required CD/DVD drive device is missing. Bla bla bla).


Dari forum, solusinya gampang banget, cuma ganti port yang digunakan (dari USB3, ganti ke USB2), dan masalah bakal hilang. Sayangnya, untuk laptop baru ini ga ada USB2 (sepertinya), karena setelah saya tuker portnya, tetep ga bisa.

Akhirnya dari sebuah channel youtube saya dapet disuruh cek dulu OS yang digunakan apakah OS terbaru atau bukan. Setelah saya ganti OS DVD-nya, masalahnya hilang.

Jadi, sebelum lanjut mencari solusi rumitnya cek dulu langkah-langkah ini :

1. Window 7 Installer terlalu tua untuk PC/Laptop baru. Coba gunakan installer terupdated.
2. Win 7 Installer damaged atau goresan pada DVD (Jika menggunakan DVD). Kemungkinan terjadi karena ISO yang bermasalah, masalah saat download ISO, atau masalah saat pembuatan bootable USB. Jika tidak menggunakan bootable USB, coba ganti DVD Disc.
3. Enable UEFI setting di BIOS untuk USB Installation.

Untungnya setelah solusi pertama itu, saya langsung bisa melanjutkan instalasi. Tapi jika masalah tetep ada. (Maaf kalau ga ada printscreen-nya) coba solusi berikut.
1. Setelah error itu muncul, cancel installation hingga kembali ke tampilan awal. kemudian ganti port USB. klik Install now.

atau..

2. Download SATA Driver dan simpan di USB Drive, click browse. masuk ke folder di USB yang ada drivernya. Setelah muncul list drivernya, pilih disk drive dan klik Next.

Semoga membantu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar