Selasa, 10 Mei 2016

Ngatasin Windows 10 Sleep Bug

Sebelum ke solusinya, baca dulu intro yang ya sebenrnya ga perlu sih. :)

Entah kenapa dari minggu lalu di kantor hectic banget, ceilah hectic bahasanya, gokil. Untungnya minggu kemarin kerja cuma 3 hari. Tapi seninnya udah di gebrak lagi sama mba admin di depan. Sebagai yang kerja di bagian IT Support, atau Technical Support, atau apalah saya ga ngerti jabatan aku tu apaan, saya harus upgrade puluhan unit notebook, atau laptop, ke OS Windows 10. Harus buat 3 image master untuk deploy ke puluhan unit juga. Dan beberapa tugas tambahan yang bikin nunda-nunda tugas tadi. Yah, walaupun sebenernya masih ada partner yang bantu sih.

Senin kemarin beres upgrade notebook ke Windows 10. Kasat mata, ga ada masalah. Notebook jalan dengan lancar. sampai akhirnya notebook mulai mati, atau mungkin tidur. Sleep mode. Karena ga saya sentuh beberapa menit, dia langsung tidur aja gitu. Eh, apasih. Matilah si layar, jadi hitam. Saya coba sentuh touchpad, ga nyala. Pencet-pencet keyboard, ga nyala. Teken power button sekali, ga nyala juga. Yaampun, kerjaan masih banyak, di buru-buru, ada masalah lagi.

Melamun lah si saya ini sejenak.

Akhirnya, browsing-browsing.. dan BAM!! Terimakasih Reddit!! Ga tau Reddit? Googling gih! Ketik aja "Reddit adalah". Saya berhasil menemukan solusinya di Reddit. (How To). Sayangnya kalian ga bisa buka Reddit kalau pakai ISP yang mainstream di Indonesia. Hahaha.. Di block bray sama Menkominfo.

Kalau saya cari, ternyata Windows 10 ini masih banyak masalah. Yah, masih muda sih dia.  Dan kebanyakan masalahnya adalah karena download dan instalasi driver yang salah dan akhirnya menuntun kita ke masalah Sleep bug ini. Katanya bug ini terjadi pada sistem yang menggunakan Intel card. So, pertama-tama cek dulu apa yang kamu gunakan. 

Rincian masalahnya adalah, disaat kalian meninggalkan laptop kalian, atau PC hingga sleep, meski kalian tekan apapun, PC tidak akan kembali dan tetap dalam keadaan sleep. Layar hitam dan lampu power tetap nyala. Permasalahan ini biasanya terjadi pada Dell, juga HP. Karena mereka memiliki driver custom untuk graphic card. 

Jadi ya sudah saya jabarkan aja di sini, yes, caranya. Disclaimer, resiko ditanggung sendiri yah.
  • Pergi ke website resmi mesin kalian (Dalam kasus saya, website resmi HP). Dan download driver graphic untuk tipe laptop atau PC kalian.
  • Install driver yang sudah kalian download.
  • Reboot sistem
Gampang kan? Aslina ini mah. Dan seharusnya masalah kalian sudah solved.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar