Sabtu, 21 Mei 2016

Game : Ellie - Help Me Out, Please! (Walkthrough)

Jadi, kemarin saya lagi bosen sama game yang ada di android saya. Berseluncurlah diri ini di Play Store dan nemu game ini, Ellie - Help Me Out, Please.  Entah kenapa dari banyaknya game di Play Store, game ini yang menarik perhatian.

Ellie - Help Me Out, Please! adalah teka-teki horor misteri garapan ATEAM yang rilis tanggal 21 Desember 2011 lalu. Game ini nantang kita untuk membantu Ellie mencari jalan keluar dari sebuah ruangan tempat ia terjebak. Gameplay-nya lebih ke "escape the room". Yang cuma tap-tap gitu. Tapi dalam game ini kita bisa berinteraksi dengan seseorang untuk setiap move kita. Ditambah lagi adanya animasi-animasi, bahkan ada full speech support, walaupun bahasa jepang, yang buat game ini lebih menarik.

Awal saya main dapet Ending yang mungkin bisa dibilang Plot Twist banget, karena saya bener-bener ga pake walkthrough kecuali waktu nyari penjelasan tentang mekanisme untuk buka laci meja. Hah? Buka laci meja? Yaudah main aja dulu gih. Dan karena waktu main pertama kali, ada langkah yang saya ga lakuin yang sebelum Ellie keluar dari ruangan itu.

Jadi, saran saya, kalau mau menjalani cerita dengan jalan kamu sendiri, jangan dulu deh baca walkthrough ini.



Jadi, Awal ceritanya adalah disaat kita, tokoh utama, terpaksa harus memasuki bangunan tua setelah mobilnya rusak akibat gempa. Kita menemukan sebuah ruangan dengan monitor menyala dimana didalamnya ada seorang gadis terjebak dalam sebuah ruangan yang akhirnya ia meminta bantuan kita untuk keluar.

 
It's late at night as I enter a strange building. It Seems to be abandoned. Hmm.. That light I just saw... Was it my imagination? No, wait! I can hear a faint voice from inside this room. I open the door and.. I greeted by a TV monitor. And there on the screen... I see someone... I speak into the intercom in front of me... She turns around..
"Who's there?"
I tell the frightened girl my car was damaged in the eartquake a little while ago. She then plead to me with grave urgency...
"Please! You've got to help me out of here!"
Si gadis dengan nama Ellie Foster ini bakal ngasih tahu kita bahwa ia telah diculik. Dan di dalam ruangan itu dia bersama sang penculik, namun penculik itu pingsan akibat tertimpa reruntuhan.


Kita di berikan interface yang sederhana. Seperti yang saya bilang, tap dimana saja untuk berinteraksi dengan objek. Kita bisa meggunakan "Item" untuk mengguanakan barang-barang yang nantinya akan kita temukan untuk melanjutkan permainan. Kita abaikan saja tombol "Hints", lagipula untuk menggunakannya kita harus membeli koin. Dan tombol "Camera" yang ada di pojok kanan atas untuk berpindah ke sisi lain dari ruangan.


So, Let's help Ellie out!!

Sebelum lebih jauh, sebaiknya kita coba cari tau apa aja yang ada di ruangan tersebut, agar kita mengerti kondisinya. Tap ini itu untuk melihat penjelasan setiap objek.

Mulai dengan ambil koin yang ada di lantai.

 

 

Koin ini akan digunakan untuk membuka baut yang terpasang pada cermin. Hah? Gimana? Pilih koin pada menu "Item" kemudian Back. Kita bisa lihat mata yang ada di pojok kiri atas berubah menjadi koin. Kemudian tap pada penjepit yang menempel di dinding.


I will try to squash the coin in the vice

Voila!


Cermin yang terpasang di dinding tidak dapat di ambil karena dipasang menggunakan baut. Gunakan koin dengan ujung yang rata itu untuk membuka baut.

It is attached to the wall with some screws.
Yes, it fits perfectly in the screws
 

Jika kita tap pada jamur yang ada di lantai, Ellie akan mengatakan bahwa sepertinya ada sesuatu yang terkubur di bawahnya. Maka kita harus membukanya, untuk membukanya, kita membutuhkan sekop yang ada di dalam laci.

Looks like something is buried there.
Tapi jangan di buka dulu. Sebelumnya, kita membutuhkan buku yang ada di sisi kanan ruangan.

Buku ada dibelakang Ellie
Apabila laci sudah terbuka, buku ini tidak dapat kita ambil. Tapi gimana sih ngambil bukunya. Karena buku ini dihalangin oleh Ellie. Mungkin kamu juga udah nyoba banyak cara, misalnya waktu Ellie lagi liat simbol bintang, lagi di deket closet, lagi di kasur, tapi ga ada yang berhasil.


Yang harus kita lakukan adalah, Tapi pada laci meja hingga Ellie mengatakan akan mencoba untuk membukanya.


Kita bisa lihat bahwa tombol Camera tetap aktif.


Tap Camera untuk pindah ke sisi kanan ruangan. Kemudian ambil buku tersebut.

 

 



Kembali ke meja, di sudut meja terdapat tulisan, sebuah daftar interogasi dan terdapat 6 angka dibawahnya. Baca inisial nama yang ada di daftar dan kamu akan menemukan O-P-E-N-D-R-A-W-E-R. Daftar nama tersebut menunjukan bahwa angka di bawahnya adalah sebuah petunjuk untuk membuka mekanisme laci.

 

Interogation...? Dead...?

Angka yang saya dapatkan adalah :
9          8
3          3
0          0

Perlu diingat, angka yang kamu dapet mungkin berbeda dari angka di atas, tapi cara penyelesaiannya tetap sama.

Lihat poster yang menempel pada dinding. 

 

 

Poster tersebut menunjukan sebuah pola, seperti sandi morse. Konversikan setiap angka ke pola tersebut dan kita mendapatkan ini:


Beri garis untuk setiap hasilnya dan kita akan mendapatkan CCLCLC

 

Asumsikan bahwa C berarti "center" dan L berarti "left". Kita buka laci menggunakan urtutan pola tersebut. 

Buka laci meja menggunakan pola Tengah-Tengah-Kiri-Tengah-Kiri-Tengah
Voila!! 


Laci terbuka dan kita bisa mendapatkan sebuah sekop.


Cek lagi laci yang terbuka tersebut, Akan mendapatkan sebuah pesan “There is M.onStar.” Kita inget-inget untuk nanti.


Huh..? I wonder what this could mean..
Kita sudah mendapatkan sekop dan sebuah petunjuk yang ada di dalam laci. Setelah itu jika kita tap tas ungu, Ellie akan mengatakan bahwa itu tasnya dan tidak ada barang berguna disana.


Pada "Item", kita pilih buku milik Ellie dan tap pada Ellie.

Oh, nothing important. For example..
Sekarang pindah pada sisi kaan dari ruangan dan tap pada bantal. Ellie akan memindahkan bantal tersebut dan periksa apa yang ada dibawah bantal.

There is something where the pillow was..
Dark letters.. were they burned into the bed?
Terdapat pesan tersembunyi disana. Dan yang kita butuhkan adalah pengering agar pesan itu terlihat. Sebelumnya Ellie mengatakan bahwa di tasnya terdapat hair dryer. Yang harus kita lakukan selanjutnya adalah membuka tas tersebut. Sayangnya, tas tersebut menggunakan kombinasi untuk membukanya dan Ellie barus saja mereset kombinasi karena panik. Sempet-sempetnya, ya.



Sekarang adalah saatnya menggunakan sekop. Bukan untuk membuka tas, tapi untuk membuka lantai yang ditumbuhi jamur.

 

Setelah lantai terbuka, tap lagi untuk menggali lebih dalam.






Hah? Tangan manusia? Ya, kamu bakal nemu tangan manusia dengan cincin yang berkedip di jarinya. Jangan diambil, karena cahaya yang berkedip pada cincin merupakan petunjuk untuk membuka kombinasi tas milik Ellie. Kalau terlanjur mengambil cincinnya. Kamu bisa menyimpannya kembali.

Perhatikan kedipan cahaya pada cincin. Cincin akan berkedip sebanyak 8 kali dengan pola panjang-pendek yang nantinya kita ubah berdasarkan poster yang ada di dinding. Agak sulit memang, maka dari itu harus teliti. Pola yang saya dapatkan adalah :

Pendek-Pendek = 1
Panjang-Pendek-Pendek = 7
Pendek-Panjang-Panjang = 6

So, kita punya 176 untuk membuka kombinasi tas Ellie.


Setelah terbuka, cek tas 2 kali untuk mengambil pengering dan baju olahraga.



Sekarang kita punya alat untuk menghasilkan panas agar pesan di kasur terlihat. Tapi sebelumnya, hair dryer membutuhkan listrik. Maka dari itu, pasangkan hair dryer ke listrik kemudian gunakan pada kasur.



Pesan yang kita dapatkan adalah :


Penipu? Pembunuhan? Menyamar sebagai seorang gadis? Situasinya mulai aneh, huh? Kita sudah semakin dekat. Yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah sumbat closet menggunakan baju olahraga dan siram closet tersebut hingga membanjiri lantai.


 

Jika kita ingat-ingat lagi, di laci terdapat pesan "M.onStar". Kita bisa melihat simbol bintang pada lantai. "M.onStar" berarti "Mirror on Star". Ya, kita harus meletakkan cermin di atas simbol bintang tersebut untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. 


Ellie keliatan ragu, e?




Woah! Siapa gadi yang ada di cermin? Air dilantai memantulkan bayangan seorang gadis. Ya, jika sebelumnya kita tidak membanjiri lantai, bayangan gadis itu tidak akan nampak. Sekarang kita tau rahasia gadis ini.


Selain ternyata di bukan lah Ellie, dia juga ternyata seorang serial killer, iblis yang menyamar sebagai seorang gadis. Sekarang kita tahu dia bukanlah Ellie. Tapi tetap kita terpaksa harus membantunya keluar atau dia akan membunuh Ellie yang asli. YOU, PHSYCO B%TCH!! Tapi gimana? Jika kita perhatikan, pantulan cahaya yang dihasilkan cermin menunjuk pada satu titik di dinding. Gunakan sekop untuk mencari tau apa yang ada di balik dinding itu.




Kita menemukan panel kombinasi lagi. Gimana bisa kita menemukan angka kombinasinya? Minta si gadis yandere ini untuk cek dinding yang ada di sebelah kasur. Disana kita menemukan angka romawi yang di ukir.
 

Kita mendapatkan II II I III IV I, kalau kamu familiar dengan angka romawi, jelas tentu tidak akan kesulitan menerjemahkan angka tersebut. Tetapi jika kamu tidak tau, tidak usah khawatir karena kamu bisa melihatnya pada jam dinding antik di dekatnya. Jadi kita mendapatkan angka 221341 untuk panel angka yang ada di dinding.





OMG!! Dia datang!! Harus lari!! Tapi, kalau kabur, gimana nasib Ellie? Disini kita dikasih 2 pilihan untuk menyelesaikan permainan. Selesai dengan ending yang baik, atau kamu mati di tangan si gadis yandere ini. Untuk BAD END, kamu hanya perlu tap terus menerus layar hingga pembunuh itu turun dan datang menghampiri kamu.

Untuk GOOD END, pindah ke sisi kiri dari ruangan dan pastikan Ellie dapat menggerakkan kakinya.

 

Kembali ke sisi kanan dari ruangan dan minta Ellie untuk menjatuhkan hair dryer yang ada di atas kasur.

 

Jreng! Jreng! Dia kesetrum, jatuh, dan1 gadis yandere bakar siap dihidangkan!!


Kamu dan Ellie selamat, sekarang kamu bisa menikmati akhir yang bagus. 
It's al over. I saved the real Ellie and we escaped the building. There was a big commotion once the police came. It was all over the front page for days.
But..
No matter how hard the police tried, the couldn't find any trace of "her". Who was she? Maybe I'll never find out. 
Atau mungkin tidak.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar