Senin, 11 Januari 2016

Kenapa 'X' selalu menunjukan sesuatu hal yang tidak diketahui?

Saya punya jawaban tentang sebuah pertanyaan yang mungkin sering dipertanyakan oleh orang yang bertanya. Pertanyaan itu adalah "Kenapa 'X' selalu menunjukan sesuatu hal yang tidak diketahui?". Saya tau hal ini biasa kita temui di pelajaran mateMATIka. Tapi sekarang masalah X ini ada di mana-mana di kehidupan kita semua. Kaya X File, X Prize, Project X, Mr. X dan X X yang lain kecuali XXX (Ga boleh yang atu ini mah!).

Saya nonton sebuah video yang cukup menarik tentang masalah ini. Kamu tau? Bahasa Inggris, Men! Ternyata saya sejenius itu.

Kalo kita belajar bahasa Arab, ternyata bahasa ini merupakan bahasa logis. Dalam menulis kata atau kalimat di bahasa arab kaya menulis persamaan, soalnya setiap bagian dari bahasa ini sangat tepat dan mengandung banyak informasi. Seengganya itu yang di bilang sama si pembicara.

Bahasa ini adalah salah satu alasan, bahwa ilmu pengetahuan, matematika dan teknik di Barat saat ini bener-bener  digunakan di abad-abad pertama masehi sama bangsa Persia, Arab dan Turki. Termasuk sebuah sistem yang mungkin kita udah kenal yang berasal dari Arab dan disebuat "Al-Jebr" atau kita kenal dengan nama samarannya, "Al-Jabar". Secara kasar, (Boleh deh aga halus sedikit!) Al-Jabar ini diterjemahkan menjadi "Sistem yang digunakan untuk mencocokkan sebagian yang berbeda".

Naskah berbahasa Arab yang berisi tentang metematika akhirnya sampe ke daerah Eropa, tepatnya di Spanyol sekitar abad 11-12an. Ketika naskah itu nyampe, ada ketertarikan yang luar biasa dalam menterjemahkan bahasa tersebuat ke dalam bahasa Eropa.

Tapi, ada tapinya. Ada suatu masalah dalam menterjemahkan itu. Masalah itu adalah, ada beberapa suara dalam bahasa Arab yang sulit dilafalkan sama orang Eropa, tanpa latihan tentunya. Dan, suara- suara itu ga bisa diwakili oleh huruf yang tersedia di bahasa Eropa.

Salah satu contohnya adalah hurif "Syin" atau "ش". Yang biasa dilafalkan seperti "SH" -- Suara "SH".. kaya yang mendesis gimana gitu. SSSSSSSSS!

 

Huruf ini juga adalah huruf pertama dari kata "Syai" atau "شيء" yang artinya "Sesuatu". Kata ini bisa menunjukan terhadap sesuatu yang ga terdefinisi, yang gak diketahui.

 

Dalam bahasa arab kita bisa membuatnya menjadi terdefinisi dengan menambahkan imbuhan "Al" sehingga menjadi "Al-Syai" atau "الشيء" yang artinya "Benda" atau juga "Hal yang tidak diketahui".

 

Kata tersebut merupakan kata yang muncul dimasa pertama matematika mulai dikenal. Masalah bagi para ahli bahasa abad pertengahan Spanyol yang dikasih "PR" untuk menterjemahkan hal ini adalah huruf "Syin" dan kata "Syai" ga bisa diubah ke dalam bahasa Spanyol karena orang Spanyol itu ga punya SH.. Suara yang mendesis tea.. SSSSS!!

Jadi, mereka menciptakan aturan di mana mereka meminjam bunyi "CK" dari bahasa Yunani klasik, bukan "Ckckckckckc"-nya orang chatting, tapi lebih ke suara "Kek!" ('E'-nya dibaca kaya kita ngucapin kata 'Kelapa'). Suara tersebut berwujud dalam bentuk "Chi" (Baca:Kai) atau "χ" (Baca juga:Kai). Kemudian, saat bahan ini diterjemahkan ke dalam bahasa Eropa yang umum, atau mungkin bisa kita bilang bahasa Latin, mereka mengganti karakter "Chi" (Baca tetep:Kai) tersebut dengan huruf X. Dan hal itu membuat karakter X ini terdapat di dalam buku matematika selama hampir 600 tahun.


So, sekarang kalian tahukan jawaban dari pertanyaan "Kenapa X Mewakili Sesuatu Yang Tidak Diketahui?". Jawabannya adalah, X mewakili sesuatu yang tidak diketahui karena "ORANG SPANYOL GA BISA MENDESIS, SSSS!!!"

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar